Cara Memperbaiki File .EXE yang Tidak Dapat Dibuka

0
3663

Kalian pengguna Windows? Kalian suka mengutak-atik pengaturannya? Lalu bagaimana jika kalian mengutak-atik sistemnya, tapi tidak bisa mengembalikannya ke semula? Nah, masalah yang satu ini sering sekali muncul dikalangan pengguna Windows. Lalu bagaimana jika settingan open with .EXE File dirubah, misalnya dirubah open with nya ke Adobe Photoshop. Secara otomatis, semua file .EXE di komputer anda akan berubah open with nya ke Photoshop (termasuk seluruh file penting Windows) sehingga kalian tidak bisa membuka User Interface suatu aplikasi. Setiap kalian membuka file .EXE pasti yang keluar Adobe Photoshop. Anda juga tidak bisa membuka pengaturan sistem seperti Registry Editor dsb. Nah, kali ini FAHLI.NET akan memecahkan masalahnya secara mendalam.

Apa penyebab masalah ini?

  • Pengaruh virus yang merusak sistem dengan merubah open with sebuah extensi.
  • Kesalahan sistem update atau suatu software yang salah memasukkan string Registry.
  • Selain itu, bisa juga pengguna itu sendiri yang suka mengutak-atik pengaturannya. 

Nah, bagi kalian yang suka mengutak-atik pengaturan sistem, sebaiknya kalian gunakan virtual machine / sebelum kalian mengubah settingan sistem persiapkan dan buka aplikasi system repair dsb untuk berjaga-jaga.


BACA JUGA: ASUS Persiapkan ScreenPad Kedalam Produknya

Lalu apa yang harus dilakukan?
Cara ini juga tidak menjamin 100% berhasil, karena masalah yang ada di komputer berbeda-beda penyebabnya. Nah, untuk memudahkan kalian menyelesaikannya, kita akan kupas langsung berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya.

CARA #1
Karena penyebab masalahnya berbeda-beda, kalian bisa terlebih dahulu mencoba cara yang pertama ini. Coba kalian download EXE_Fix.reg

Cara Memperbaiki File .EXE yang tidak bisa dibukaSetelah kalian download, Extrak file rar nya, lalu klik kanan pada file EXE_Fix [Fahlisaputra.TK].reg setelah itu klik Merge.

Cara Memperbaiki File .EXE yang tidak bisa dibuka

Lalu kalian klik Yes. Tunggu beberapa saat sampai keluar konfirmasi berhasil. Lalu kalian Restart komputernya. Cara ini berhasil untuk beberapa pengguna.

CARA #2
Bila cara diatas tidak berhasil, kalian bisa mencoba cara kedua ini. Cara kedua ini telah terbukti dapat menyelesaikan masalahnya dengan syarat: Sebelum pengaturan open with .EXE filenya diubah, kalian sudah membuka Notepad atau Windows Explorer (File Explorer) yang bertengger di area taskbar.

Bila kalian sebelumnya sudah membuka notepad, ikuti cara dibawah ini.
Tidak harus juga sih harus ada notepad, beberapa sistem sudah mendukung .exe file sistemnya dibuka lewat run. Jadi misalkan notepad belum terbuka, kalian bisa mencoba menjalankan notepad lewat run dengan cara: Klik Start > lalu ketikkan Run > dan tekan Enter. Setelah itu ketikkan notepad lalu tekan OK / Enter.

Setelah notepad terbuka, copy dan paste kode dibawah ini:

Windows Registry Editor Version 5.00
[-HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithList]
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithProgids]
“exefile”=hex(0):

Lalu klik Save As dengan nama exe.reg dan typenya harus All Files seperti gambar dibawah ini, lalu klik OK. Simpan di Desktop aja kalo Windows Explorer gak kebuka.

Cara Memperbaiki File .EXE yang tidak bisa dibuka

Lalu buka folder tempat menyimpan file tadi, dan klik kanan pada file yang telah disimpan tadi. Lalu klik Merge.

Cara Memperbaiki File .EXE yang tidak bisa dibuka

Lalu klik Yes

Cara Memperbaiki File .EXE yang tidak bisa dibuka

Bila Notepad kalian tidak kebuka, tapi Windows Explorer masih bisa dibuka ikuti cara dibawah ini:
Ini cara alternatif yang bisa kalian gunakan. cara ini sama dengan CARA #1 dengan Merge juga. Tapi kode dalam file tersebut berbeda dengan yang satu ini. Kemungkinan berhasil 80% dengan file ini. Kalian bisa download EXE_Fix Alternative 
Setelah file kalian download, coba klik kanan > merge > YES (Kalian tidak perlu ekstrak filenya karena sudah berekstensi .REG)

CATATAN:
Bila seluruh cara diatas tidak berhasil, mungkin masalah dan penyebabnya berbeda pada komputer kalian. Coba kalian antar ke tempat service terdekat untuk diperbaiki.
Jika terjadi suatu masalah, silahkan kalian komentar dibawah 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here